TUTUP
TUTUP
FOKUS

Libur Panjang Rasa Mudik Lebaran

Libur Panjang Rasa Mudik Lebaran
Ilustrasi kemacetan di gerbang tol Cipali. (ANTARA/Dedhez Anggara)

VIVA.co.id – Ratusan ribu kendaraan warga Jakarta diprediksi keluar kandang saat libur tanggal 5-8 Mei 2016. Libur dua tanggal merah Kenaikan Isa Almasih dan Isra Miraj ini, menjadi pelengkap akhir pekan yang panjang.

Sejumlah pihak sudah mengantisipasi. Mulai dari kesiapan jalan hingga penempatan petugas jaga di titik-titik kemacetan. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono, mengatakan, Polda sudah menurunkan ribuan personel gabungan untuk mengamankan libur panjang ini.

"Sebanyak 127 ribu kendaraan diperkirakan ke luar Jakarta termasuk ke luar Jawa sampai ke Cikampek dan Jagorawi. Itu perkiraannya," kata Awi hari ini.

Menurut Awi, puncak arus libur panjang terjadi pada Rabu malam esok, 4 Mei 2016. Pada malam itu juga, pengamanan mulai diberlakukan.

Sedangkan untuk arus balik, puncaknya terjadi pada 8 Mei 2016 sore hari. "Sama lah tanggal 8 kita waspadai, mulai pukul 18.00 hingga pukul 22.00 WIB," kata dia.

Kepala Sub-Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum (Bin Gakkum) dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto, menambahkan saat libur panjang tersebut, akan terjadi peningkatan volume pada ruas-ruas jalan nasional dan jalan tol dalam kota.

Selain itu, peningkatan pengunjung tempat wisata dalam kota dan pusat perbelanjaan. Budiyanto menambahkan, pengaturan atau rekayasa lalu lintas di jalan tol akan diberlakukan cara bertahap yang pertama yaitu, antrean kendaraan pada gerbang tol atau rest area sampai dengan mencapai 1- 5 km.

"Cara bertindak petugas membantu memperlancar proses transaksi pada gate atau gerbang transaksi, buka tutup rest area dan menurunkan tim urai," ujar dia.

Kemudian, jika antrean kendaraan menjelang rest area lebih dari 5 km yang membuat terjadinya gangguan kamseltibcar, lantas dan laju kendaraan mencapai 0 - 5 km/jam, maka petugas akan melakukan contra flow atau buka tutup exit tol. (Baca Prediksi macet saat libur panjang Mei)

"Selanjutnya, jika kepadatan dalam tol luar biasa atau ruang lalu lintas mengalami over kapasitas dan stag, maka akan ada pengalihan arus kendaraan dari jalan tol ke ruas jalur arteri," ucapnya.

Dia pun mengungkapkan, polisi akan menempatkan petugas mulai tanggal 4 Mei 2016 siang hari. "Penempatan petugas akan mulai tanggal 4 Mei 2016 siang hari untuk pemantauan dan melakukan kegiatan penjagaan, pengaturan dan lainnya," kata dia.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP