TUTUP
TUTUP
FOKUS

Menanti Pemimpin Baru Bareskrim Polri

Calonnya ada bintang dua dan bintang tiga.
Menanti Pemimpin Baru Bareskrim Polri
Kantor Bareskrim Mabes Polri, di Jakarta. (VIVA.co.id/ Syaefullah.)

VIVA.co.id – Tak lama lagi, Komisaris Jenderal Polisi Anang Iskandar akan mengakhiri pengabdiannya sebagai anggota Korp Bhayangkara aktif. Anang memasuki masa pensiun pada 1 Juni 2016.

Dengan demikian, mantan Kapolda Jambi dan juga Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) itu otomatis melepas jabatan yang dia emban kini yakni sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri. Pertanyaan menariknya adalah siapa jenderal penerus Anang selanjutnya? Mengingat Kabareskrim bukanlah posisi sembarangan.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar, menuturkan saat ini Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) sedang memproses siapakah calon yang layak perwira tinggi (Pati) Polri yang akan menduduki jabatan sebagai Kabareskrim.

"Sedang diproses, digodog (seleksi), tentu oleh Wanjakti saja. Kadivhumas tidak masuk Wanjakti, dan sedang proses," katanya.

Boy mengakui ada sejumlah nama. Mereka adalah para perwira senior. "Bintang dua dan tiga, kita tunggu," ujarnya.

Namun, mantan Kapolda Banten itu tak merinci siapa saja perwira tinggi Polri yang layak menggantikan posisi Anang untuk memimpin Bareskrim secara lebih gamblang. Ia hanya memastikan sebelum Juli, sudah ada pengganti Anang.

"Insya Allah, Juni 2016 ada Kabareskrim baru," tutur Boy.

Soal berapa lama waktu yang dibutuhkan Wanjakti untuk menjaring calon Kabareskrim Polri yang baru, Boy tak mau menebak-nebak. Ia hanya mengatakan bahwa proses seleksi dan suksesi dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP