Agar Buah Hati Mau Makan di Meja Makan

Ilustrasi pola makan anak
Sumber :
  • Pixabay/heikeschuchert

VIVA.co.id – Memberi makan buah hati terkadang menjadi tantangan bagi orangtua, karena seringkali anak-anak tidak mau duduk diam atau harus dibujuk dengan mainan kesayangan agar mau makan.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Namun, membuat buah hati agar mau duduk diam di meja makan ketika menyantap makanan adalah kebiasaan yang bisa dilatih.

"Cara supaya anak mau makan sambil duduk itu tergantung dari bagaimana cara kita mengenalkan pada anak bagaimana cara makan. Kebiasaan yang baik adalah anak-anak tahu kalau makan ya di meja makan. Orangtua harus makan bersama anak. Kalau tidak pernah dikenalkan, mereka tidak akan pernah tahu kebiasaan itu," kata Henderina Corry, Guru dan Pakar Montessori dalam talkshow ‘Happy Family, Happy Employee’ di Graha Unilever, Jakarta, Kamis 30 Juni.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Kenalkan pula pada anak bahwa pada saat jam semua berkumpul di meja makan. Orangtua juga bisa mengajak anak untuk menata meja makan dengan menaruh piring dan gelas di atas meja.

Kemandirian memang perlu diajarkan orangtua pada anak sejak dini. Agar anak-anak bisa mengurus dirinya sendiri dan tidak tergantung pada orangtua. Termasuk membereskan piring dan gelas setelah makan.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Pada usia anak yang sudah memasuki sekolah dasar, kata Corry, Anda pun bisa mengajari mereka menyapu dan mengepel sisa makanan yang berserakan. Semakin kecil anak diajarkan kemandirian akan semakin baik karena semakin besar usia anak akan semakin sulit kebiasaan buruknya diubah.

(ren)

Praktisi dan Peneliti Neuroscience Dokter Aisah Dahlan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Aisah Dahlan menjelaskan bahwa dalam membimbing dan mendidik anak, orangtua harus melibatkan orang lain, termasuk selektif memilih tempat untuk sekolah.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024