TUTUP
TUTUP
FOKUS

Mudik Nyaman Berkat Smartphone

Bukan teknologi namanya jika tidak bisa mengatasi masalah yang muncul.
Mudik Nyaman Berkat Smartphone
Mengetik di smartphone. (Autoevolution)

VIVA.co.id – Mudik merupakan tradisi yang selalu dilakukan warga Indonesia jelang Idul Fitri. Data Kementerian Perhubungan menyebut jika total warga yang akan mudik ke kampung halaman mencapai hampir 12 juta jiwa.

Bayangkan betapa perpindahan penduduk menjadi hal yang sangat signifikan, saat satu wilayah menjadi sepi dan wilayah lainnya menjadi padat.

Yang paling menarik perhatian adalah saat para pemudik menemui kemacetan di jalan saat pulang maupun balik. Pengalaman di tahun kemarin, macet di jalur Pantura hampir mencapai 10 jam.

Belum lagi perjalanan mobil selama dua hari dua malam saat menuju ke wilayah timur dan tengah Indonesia. Meski disiksa oleh macet, tetap saja para pemudik tidak kapok dan terus mengulang mudik setiap tahunnya.

Saat mudik, tidak hanya macet, mereka yang memutuskan untuk tinggal pun tetap menemui kendala yang luar biasa, yakni ditinggal mudik oleh asisten rumah tangga. Untuk yang satu ini, tentu saja tidak dapat dihindari. Sebab, hampir semua yang mudik adalah warga dari daerah luar, dan kebanyakan asisten rumah tangga berasal dari daerah luar kota.

Bukan teknologi namanya jika tidak bisa mengatasi masalah yang muncul dalam kehidupan sehari-hari. Macet maupun pembantu mudik bisa diatasi dengan beberapa aplikasi di smartphone. Tidak hanya itu, smartphone bisa menjadi perangkat andalan saat mudik berlangsung dan digadang bisa membuat nyaman para pengguna kala mudik ke tanah kelahirannya.

VIVA.co.id berupaya memberikan beberapa aplikasi penting yang kemungkinan besar akan bisa membantu memperlancar perjalanan saat mudik. Tentunya dibutuhkan smartphone berbasis Android berikut dengan data internet yang selalu on untuk membuka akses ke dalam aplikasi-aplikasi tersebut. Berikut beberapa aplikasi yang dimaksud.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP