TUTUP
TUTUP
FOKUS

Mudik Aman, Hindari Ancaman Jalanan

Ratusan ribu kendaraan roda empat dan dua mulai konvoi ke kampung.
Mudik Aman, Hindari Ancaman Jalanan
Mudik memakai sepeda motor. (dapurpacu.tumblr.com)

VIVA.co.id – Geliat ritual mudik lebaran sudah mulai terasa dalam beberapa hari terakhir. Jakarta mulai ditinggalkan penghuninya untuk menuju kampung halaman tercinta. Rute mudik baik jalur darat, laut dan udara akan semakin sibuk tentunya.

Ya, rute-rute mudik khususnya di jalur darat akan semakin terlihat 'hingar bingar' seiring dengan semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri. Berbagai moda transportasi mulai merambat meninggalkan ibu kota.

Dan sudah menjadi pemandangan yang selalu berulang-ulang dari tahun ke tahun bahwa arus mudik lewat jalan raya masih menjadi yang paling sibuk. Sayangnya, fenomena ritual mudik lebaran ini seakan selalu meminta 'tumbal' di jalanan.

Meski angka kecelakaan lalu lintas selama musim mudik lebaran tahun 2015 lalu terbilang turun dari tahun sebelumnya, namun tak dipungkiri angkanya masih terbilang cukup tinggi.  

Dari data Korps Lalu Lintas Polri menunjukkan bahwa angka kecelakaan lalu lintas selama musim mudik lebaran tahun lalu mencapai 3.049 kasus atau turun sebesar 21,5 persen dibanding musim mudik lebaran 2014.

Tentu saja penurunan angka kecelakaan lalu lintas ini juga berbanding lurus dengan menurunnya jumlah korban. Tahun lalu, jumlah korban meninggal karena kecelakaan lalu lintas saat mudik tercatat 657 orang atau turun 8 persen dari tahun sebelumnya.

Begitu juga dengan korban luka berat yang turun dari 1.939 di 2014 menjadi 1.068 orang di 2015. Sedangkan untuk luka ringan juga turun dari 4.532 orang di 2014 menjadi 3.922 orang di 2015.

Tak dipungkiri jika masih tingginya angka kecelakaan lalu lintas menjelang lebaran ini karena masih banyaknya orang yang memilih menggunakan sepeda motor. Tak heran jika kecelakaan sepeda motor masih menjadi penyumbang terbesar kecelakaan selama mudik lebaran.

Masih menurut data Korlantas, sepeda motor menyumbang terbesar angka kecelakaan lalu lintas selama mudik tahun lalu yakni mencapai 66 persen.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP