Apa Efek Mengantar Anak Sekolah

Ibu dan anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Banyak hal baru yang dihadapi anak ketika memasuki tahun ajaran baru di sekolah. Karena itu, dukungan orangtua sangat dibutuhkan untuk meningkatkan rasa percaya diri anak menghadapi lingkungan barunya.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Salah satu bentuk dukungan orangtua terhadap anak adalah, aktivitas mengantar anak ke sekolah pada hari pertama masuk sekolah. Lewat kegiatan tersebut, rasa percaya diri anak akan terbangun, selain itu mengantar anak ke sekolah di hari pertamanya dapat menjalin kedekatan antara orangtua dan anak.

Psikolog anak dan keluarga Dr. Rose Mini Agoes Salim, M.Psi. atau yang biasa disapa Dr. Romi mengatakan bahwa kegiatan mengantar anak di hari pertama masuk sekolah penting dilakukan karena bisa memperkuat kedekatan antara orangtua dan anak.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

"Kegiatan mengantar anak di hari pertama sekolah sangat penting untuk menjalin kedekatan orangtua dan Anak. Karena aktivitas tersebut menjadi salah satu bentuk perhatian orangtua terhadap anak," ujar Dr. Romi saat dihubungi Viva.co.id (13/07).

Dr. Romi juga menambahkan bahwa dalam menjalin kedekatan antar orangtua dan anak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya  dari tingkatan usia anak.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

"Dalam menjalin kedekatan tentunya tiap tingkatan usia anak bisa berbeda. Misalnya ketika orangtua mengantar anaknya yang masih sekolah dasar, di hari pertama masuk sekolah orang tua bisa menjelaskan kepada anak tentang lingkungan barunya. Sedangkan untuk anak yang lebih dewasa, mengantar anak ke sekolah di hari pertama masuk sekolah bisa menjadi bentuk perhatian khusus orangtua terhadap anak," ungkapnya.

Praktisi dan Peneliti Neuroscience Dokter Aisah Dahlan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Aisah Dahlan menjelaskan bahwa dalam membimbing dan mendidik anak, orangtua harus melibatkan orang lain, termasuk selektif memilih tempat untuk sekolah.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024