Fasilitas Terminal 3 Ultimate Dijamin Bikin Nyaman

Terminal 3 Ultimate Tidak Beroperasi di Musim Mudik 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi memaparkan sejumlah fasilitas-fasilitas yang ditawarkan di Terminal 3 Ultimate Soekarno-Hatta. Sampai saat ini, pengoperasian terminal tersebut masih menunggu penerbitan izin pengoperasian dari Kementerian Perhubungan selaku regulator.

Diterjang Angin Kencang, Atap Terminal 3 Bandara Soetta Terbang

Budi, saat berbincang dengan awak media di Terminal 3 Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu, 17 Juli 2016, menjabarkan bangunan seluas 442.804 meter persegi tersebut sudah mencakup areal parkir yang jauh lebih luas dibandingkan areal parkir di terminal satu dan dua.

Fasilittas ini, diklaim Budi, mampu mengurangi tingkat antrean kendaraan yang biasanya terjadi di sejumlah area parkir bandara.

Citilink Operasikan Seluruh Rute di Terminal 3 Bandara Soetta 23 Juli

“Kami ingin rekan-rekan datang dan pergi menggunakan garbarata. Bangunan ini juga berbentuk seperti huruf U. Apa yang ingin kami bangun ini, suatu fasilitas yang luar biasa. Ada di parkir di Barat dan Timur,” ujar Budi.

Selain fasilitas garbarata dan areal parkir yang memadai, arsitektur dari Terminal 3 Ultimate juga menawarkan kenyamanan kepada masyarakat. Budaya Indonesia, ditegaskan Budi, akan lebih melekat pada dinding-dinging bangunan sepanjang satu kilometer ini.

Cathay Pacific Pindah ke Terminal 3 Soekarno Hatta

“Kami terapkan kearifan lokal dengan menggunakan seniman lokal. Nanti juga akan banyak ekspresi dinding yang berlukiskan batik dan lainnya. Ekspresi interior dengan arsitektur modern, dengan sentuhan Indonesia yang tidak hilang,” katanya.

Meskipun arsitektur bangunan Terminal 3 Ultimate akan sangat kental dengan budaya Indonesia, namun menurutnya, bangunan ini akan tetap tidak meninggalkan nuansa komersial. Berbagai fasilitas penunjang seperti restoran, sampai dengan foodcourt pun akan melengkapi terminal tersebut.

Sementara dari fasilitas keamanan, yang ditawarkan dari Terminal 3 Ultimate adalah Baggage Handling System (BHS) dengan sistem level lima. Selain itu, terminal ini juga akan dilengkapi oleh Inteligene Building Management System, Rain Water System, dan menggunakan CCTV yang canggih.

“Ada juga kereta api bandara, kemudian X-ray, Fire Alarm, Visual Docking Guidance. Semua fasilitas ini tidak kalah dengan yang dimiliki tetangga,” kata Budi. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya