TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
FOKUS

Deretan Mobil Baru Penantang Merek Jepang

Berbagai jenis mobil pabrikan Asia dan Eropa siap menghadapi Jepang.
Deretan Mobil Baru Penantang Merek Jepang
Wuling Hongguang. Wuling siap meramaikan pasar otomotif nasional. (Thenewswheel.com)

VIVA.co.id – Sudah bukan jadi rahasia lagi jika pabrikan Jepang mendominasi pasar otomotif roda
empat secara nasional. Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada
semester I-2016, produk-produk Jepang kembali memegang tahta teratas, menguasai penjualan mobil
dengan pangsa pasar hampir 98,5 persen dari total penjualan sebanyak 531.929 unit.

Alhasil, merek di luar Jepang, seperti mobil-mobil Eropa, Amerika Serikat, Korea Selatan, Malaysia,
dan India, hanya bisa sekadar mendapat receh dari gurihnya penjualan mobil nasional yang terus
menggeliat belakangan, atau kurang dari 10 ribu unit yang diperebutkan bersama-sama. Sementara
selebihnya, diborong produk-produk Negeri Samurai.

Maka jangan heran, jika kemudian ada merek-merek non-Jepang mulai bertumbangan atau sekadar tutup
pabrik. Sinyalemen ini kentara saat Ford memilih hengkang, karena kesulitan bernapas di pasar
otomotif Indonesia. Pesan tersirat yang disampaikan Ford, Indonesia bukan jadi surga buat merek-
merek mobil non Jepang, lantaran sukar menggembosi dominasi merek-merek Jepang saat ini.

Akan tetapi, kasus Ford hengkang, atau penutupan pabrik Chevrolet Spin tak menjadikan merek mobil
non-Jepang patah arang. Mereka terus mencari celah, memperkuat kuda-kuda, serta mempertebal harapan
untuk terus berjibaku mengambil hati masyarakat yang sudah kadung percaya terhadap kendaraan buatan
Jepang.

Setidaknya, hal itu terlihat dari cara mereka melakukan aksi tebar pesona dengan memamerkan mobil-
mobil anyar di kendurian otomotif akbar, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016,
yang tengah digelar di ICE, BSD City, Tangerang Selatan.

Pengunjung memadati pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Pameran otomotif di Indonesia. (Foto: Dok VIVA.co.id)

Menatap penjualan ke depan, merek-merek non-Jepang nampak percaya diri memamerkan sederet mobil baru
dengan beragam fitur anyar, kenyamanan, teknologi, yang tak dimiliki pabrikan Jepang sekalipun. Tak
sedikit pula pabrikan yang memanfaatkan ajang tersebut untuk merilis mobil baru, untuk mencari
peruntungan di Indonesia.

Selanjutnya>>> Teror pesaing Avanza dari China...

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP