TUTUP
TUTUP
FOKUS

Menakar Kans Indonesia Libas Thailand di Final Piala AFF

Indonesia lolos ke final, usai menyingkirkan Vietnam di semifinal.
Menakar Kans Indonesia Libas Thailand di Final Piala AFF
Pemain Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, saat lawan Thailand (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

VIVA.co.id – Di tengah keterbatasan dan keraguan dari banyak pihak, Timnas Indonesia sukses melaju ke final Piala AFF 2016. Indonesia lolos ke babak final, usai menyingkirkan Vietnam di semifinal, dengan skor 4-3.

Keberhasilan timnas ke final, membuat impian publik sepakbola Indonesia kembali melambung. Mereka berharap, Tim Garuda kali ini bisa mengakhiri puasa gelar di turnamen dua tahunan paling bergengsi di Asia Tenggara ini.

"Semoga, hasil baik ini terus berlanjut hingga pertandingan final dan syukur-syukur bisa menjadi juara AFF tahun ini," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, usai Indonesia memastikan lolos ke final. 

Seperti diketahui, sepanjang perhelatan Piala AFF yang dimulai sejak 1996, Indonesia tidak pernah merasakan menjadi juara. Padahal, dari 10 edisi Piala AFF, Indonesia empat kali sukses melaju ke final.

Pada Piala AFF 2000, 2002, dan 2004, Indonesia sukses secara beruntun melaju ke final. Namun, mereka gagal merengkuh gelar juara, setelah dikalahkan Thailand (2000, 2002) dan Singapura (2004).

Pada Piala AFF 2010, Indonesia kembali sukses melaju ke final. Namun, lagi-lagi gagal juara. Kali ini, impian Indonesia dipupuskan negeri jiran Malaysia.

Tak heran, jika publik Indonesia menilai, edisi kali ini menjadi kesempatan emas bagi Timnas Indonesia mengakhiri mimpi buruk, sekaligus masuk daftar tim elite di Asia Tenggara.

Dari 11 negara Asia Tenggara, tercatat hanya ada empat tim yang pernah merasakan gelar juara Piala AFF. Yaitu Thailand (empat kali), Singapura (empat), Vietnam (satu), dan Malaysia (satu kali).

Namun, impian Indonesia bakal mendapat rintangan berat. Sebab, calon lawan di final adalah Thailand, sebagai perengkuh trofi terbanyak, yang juga tampil sempurna di Piala AFF 2016 ini.

Seberapa besar peluang Boaz Solossa dan kawan-kawan mematahkan keperkasaan Thailand di laga final nanti? Apa keunggulan yang dimiliki Indonesi,a guna meredam agresivitas Thailand?

Timnas Indonesia Melaju ke Final Usai Kalahkan Vietnam

Berikutnya, Thailand yang sempurna...

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP