TUTUP
TUTUP
FOKUS

Kisah Wanita Serang Pembunuh Kakak Tiri Kim Jong-un

Kisahnya seperti drama Korea. Tentang pembunuhan.
Kisah Wanita Serang Pembunuh Kakak Tiri Kim Jong-un
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. (REUTERS/KCNA)

Memohon agar Tak Dibunuh

Diberitakan oleh Reuters, 16 Februari 2017, lima tahun lalu, Jong-nam pernah berkirim surat kepada Kim Jong-un, adik tirinya. Melalui surat itu ia meminta agar dirinya tidak dibunuh. "Kami punya tempat untuk pergi, tempat untuk bersembunyi. Kami sangat menyadari bahwa satu-satunya cara untuk melarikan diri adalah bunuh diri," katanya.

Menurut anggota parlemen Korea Selatan, berdasarkan informasi yang diberikan oleh intelijen Korea Selatan, perintah untuk membunuh Jong-nam sudah dikeluarkan sejak lama. Dan salah satu upaya pembunuhan tersebut gagal dilakukan pada tahun 2012. Kim Byung-kee, salah seorang anggota parlemen mengatakan, mengutip laporan intelijen, satu-satunya alasan yang disampaikan Jong-un atas perintah pembunuhan hanyalah benci. "Aku hanya benci dia, jadi ingin menyingkirkan dia," ujarnya.

Beberapa analis mengatakan, kebencian Jong-un diyakini pikiran bahwa saudaranya dapat digunakan dalam setiap penggulingan rezim. Selain itu, kesalahan Jong-nam karena membuat paspor palsu hanya untuk bisa pelesiran ke Disneyland, Tokyo, bisa jadi menambah rasa tak suka Jong-un.

Drama pembunuhan yang melibatkan pemimpin Korea Utara ini masih akan terus bergulir. Apalagi, jika mereka yang ditangkap dan disebut sebagai intel Korea Utara itu benar terlibat. Menyisakan tanya, bagaimana warga asal Indonesia dan warga asal Vietnam bisa terlibat dalam aksi pembunuhan tingkat tinggi ini.

Hari ini, Korea Utara akan memperingati Hari Ulang Tahun mendiang Kim Jong Il. Jika masih ada, ia akan berulangtahun yang ke 75. Entah bagaimana Kim Jong-un menghadapi kematian kakaknya. Mungkin berduka, mungkin juga menghadapinya sebagai kado terindah menyambut ultah ayahnya, sebagai caranya membalas malu sang ayah atas kisah tragedi Disneyland yang melibatkan Jong-nam sebagai aktor utama.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP