Kisah Wanita Serang Pembunuh Kakak Tiri Kim Jong-un

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.
Sumber :
  • REUTERS/KCNA

VIVA.co.id – Drama Korea biasanya berisi kisah cinta yang menghanyutkan. Tapi kali ini, dunia disuguhkan kisah drama Korea tentang pembunuhan.

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Pekan ini, jagad dunia digegerkan dengan tewasnya Kim Jong-nam. Ia adalah kakak tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. Ia tewas dalam perjalanan dari bandara internasional Kuala Lumpur menuju rumah sakit. Diberitakan oleh Independent, 15 Februari 2017, insiden tewasnya Jong-nam terjadi pada Senin, 13 Februari 2017.

Saat itu Jong-nam sedang menunggu penerbangan ke Makau. Ia tiba-tiba disergap dari belakang oleh dua perempuan. Wajahnya ditutup oleh sebuah tangan. Setelah Jong-nam terjatuh, ia sempat berteriak minta tolong, sedangkan dua perempuan tersebut berlalu meninggalkannya. Pria berusia 46 tahun itu sempat mendapatkan pertolongan di klinik bandara, namun nyawanya tak bisa diselamatkan ketika dilarikan ke rumah sakit.

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

Kematian Jong-nam, yang akhirnya diketahui publik sebagai kakak tiri Kim Jong-un baru disebarluaskan oleh pemerintah Malaysia pada Selasa, 14 Februari 2017. Rekaman CCTV bandara yang beredar luas di sejumlah media Malaysia memperlihatkan, dua perempuan yang diduga menjadi pelaku pembunuhan terlihat keluar bandara dan pergi menggunakan taksi. Melalui rekaman CCTV itu digambarkan kedua perempuan terlihat berada di sebelah Jong-nam sebelum pria tersebut ambruk.

Menurut Bernama, 15 Februari 2017, korban dibunuh menggunakan jarum beracun.Sementara Reuters, 16 Februari 2017, mengatakan, kemungkinan korban dibekap dari belakang dan langsung menghirup sesuatu yang beracun.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Hanya sehari setelah mengumumkan insiden pembunuhan Jong-nam, pada Rabu, 14 Februari 2017, pemerintah Malaysia mengumumkan penangkapan atas salah satu perempuan yang ada dalam rekaman CCTV. Polisi mengatakan perempuan itu sendirian saat ditangkap. Ia membawa dokumen perjalanan dengan nama Doan Thi Huong, yang lahir pada Mai 1988 di Nam Dinh, Vietnam. "Polisi masih mencari beberapa tersangka lain, dan semuanya warga negara asing," ujar Wakil Inspektur Jenderal Polisi Noor Rashid Ibrahim kepada Reuters, 16 Februari 2017.

Hanya hitungan jam, Kepolisian Diraja Malaysia berhasil menangkap tersangka kedua dan ketiga. Tersangka kedua disebut bernama Siti Aisyah, berusia 25 tahun, dan berasal dari Serang, Banten, Indonesia. Inspektur Jenderal Polisi Diraja Malaysia Tan Sri Dato' Sri Khalid Bin Abu Bakar mengatakan, saat ditangkap Siti sedang sendirian.

Kementerian Luar Negeri Indonesia sudah melakukan verifikasi dan membenarkan penangkapan tersebut. Juru bicara Kemlu RI Arrmanatah Nasir juga mengatakan pihaknya sudah minta agar dibukakan akses konsuler untuk menyiapkan pendampingan hukum bagi Siti Aisyah. Namun keberadaan Aisyah yang disebut berasal dari Serang, Banteng, dibantah pihak imigrasi. Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian dari Kantor Imigrasi Kelas I Serang Muhammad Sungeb, mengatakan kepada wartawan, "Siti Aisyah, sesuai tanggal lahir yang ditunjukkan, tidak membikin di kantor imigrasi kelas I Serang."

Tersangka ketiga yang berhasil dibekuk adalah seorang laki-laki. Belum disebutkan asal negara korban, namun kepolisian Malaysia mengatakan tersangka adalah pacar dari tersangka ke dua.

Meski sudah menetapkan dan menangkap tiga orang tersangka. Polisi Diraja Malaysia masih belum memberikan pernyataan resmi, bagaimana dan dengan cara apa Kim Jong-nam tewas, dan mengapa ia dibunuh.  Biro intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat meyakini, pemerintah Korea Utara bertanggung jawab penuh atas kematian Kim Jong-nam. Dua perempuan yang berada di sisi Jong-nam saat di bandara di sebut sebagai intel Korea Utara yang ditugaskan melakukan pembunuhan tersebut.

Sulit mendapatkan keterangan dari pemerintah Korea Utara yang dikenal tertutup dan otoriter. Apalagi hingga hari ini, atau empat hari setelah kematiannya, negara tempat asal Kim Jong-nam itu  juga belum memberikan pernyataan apapun terkait kematiannya.

Kakak Adik yang Saling Tak Suka

Kim Jong-nam adalah kakak tiri Kim Jong-un. Mereka berdua terlahir dari ibu yang berbeda. Ibu Kim Jong Nam, Song Hye Rim adalah seorang artis Korea Utara. Ia terlibat afair dengan Kim Jong Il, namun mereka tak pernah menikah. Bahkan, ayah Kim Jong Il, Kim Il Sung, tak pernah melihat Jong-nam hingga ia berusia lima tahun. Awalnya Jong-nam dipersiapkan untuk menggantikan ayahnya, namun insiden Tokyo membuat nama baiknya hancur dan mempermalukan Kim Jong Il dan Song Hye Rim.

Insiden Tokyo yang mempermalukan Kim Jong Il, terjadi pada bulan Mei 2001, Kim Jong Nam  tertangkap di bandara Narita Tokyo dan ditahan selama seminggu karena menggunakan paspor palsu dari Republik Dominika. Saat itu ia ditemani istrinya, wanita lain yang diyakini sebagai pengasuh, dan anaknya yang berusia empat tahun. Kepada media ia mengatakan ingin mengunjungi Disneyland, di Tokyo. Keempat orang itu kemudian dideportasi dan kembali ke Korea Utara melalui Beijing.

Atas aksi Jong-nam,Kim Il Sung merasa malu atas kelakuan Jong-nam, dan sejak itu bintang Jong-nam mulai meredup. Ibu Kim Jong Nam, Song Hye Rim juga merasa terpukul dan  akhirnya memilih meninggalkan Korea Utara dan tinggal di Moskow. Rim meninggal di Moskow setelah berjuang dengan depresi selama bertahun-tahun.

Sejak kejadian itu, Jong-nam lebih sering berada di luar negeri. Ia mengakui mencintai kebebasan. Kim Jong Il, meninggal dunia pada Desember 2011 karena serangan jantung. Ia meninggal dalam usia 46 tahun. Setelah kematian ayahnya, Kim Jong-un langsung menggantikan memegang tampuk tertinggi pemerintahan Korea Utara. Kekuasaan yang harusnya dipegang Jong-nam, akhirnya dikuasai Jong-un.

Sementara itu, dari luar negeri Jong-nam terus menyuarakan kritik pada pemerintahan yang dijalankan oleh adiknya.  "Saya khawatir bagaimana Jong-un, yang hanya menyerupai kakek saya, akan mampu memenuhi kebutuhan warga Korea Utara. Kim Jong-un masih hanya angka nominal dan para anggota elite kekuasaan akan menjadi orang-orang yang berkuasa sebenarnya. Suksesi dinasti adalah lelucon ke dunia luar, " ujarnya saat menyampaikan isi hatinya pada Yoji Gomi, seorang wartawan Jepang yang menulis buku tentang dirinya.

"Rezim Kim Jong-un tidak akan bertahan lama. Tanpa reformasi, Korea Utara akan runtuh, dan ketika perubahan tersebut terjadi, rezim akan runtuh," ujarnya menambahkan.

Dalam pelariannya, Jong-nam sering berpindah antara Macau dan China. "Alasan saya mengunjungi Macau begitu sering adalah karena itu adalah tempat yang paling bebas dan liberal di dekat China, di mana keluarga saya tinggal," ujarnya. Saat penyerangan yang membuat ia tewas, Jong-nam juga sedang menunggu pesawat yang akan membawanya dari Kuala Lumpur ke Macau.

Namun ia tahu, sejak Jang Song Thaek, paman yang sangat melindungi Jong-nam dieksekusi oleh Kim Jong-un, nyawanya terancam.

Memohon agar Tak Dibunuh

Diberitakan oleh Reuters, 16 Februari 2017, lima tahun lalu, Jong-nam pernah berkirim surat kepada Kim Jong-un, adik tirinya. Melalui surat itu ia meminta agar dirinya tidak dibunuh. "Kami punya tempat untuk pergi, tempat untuk bersembunyi. Kami sangat menyadari bahwa satu-satunya cara untuk melarikan diri adalah bunuh diri," katanya.

Menurut anggota parlemen Korea Selatan, berdasarkan informasi yang diberikan oleh intelijen Korea Selatan, perintah untuk membunuh Jong-nam sudah dikeluarkan sejak lama. Dan salah satu upaya pembunuhan tersebut gagal dilakukan pada tahun 2012. Kim Byung-kee, salah seorang anggota parlemen mengatakan, mengutip laporan intelijen, satu-satunya alasan yang disampaikan Jong-un atas perintah pembunuhan hanyalah benci. "Aku hanya benci dia, jadi ingin menyingkirkan dia," ujarnya.

Beberapa analis mengatakan, kebencian Jong-un diyakini pikiran bahwa saudaranya dapat digunakan dalam setiap penggulingan rezim. Selain itu, kesalahan Jong-nam karena membuat paspor palsu hanya untuk bisa pelesiran ke Disneyland, Tokyo, bisa jadi menambah rasa tak suka Jong-un.

Drama pembunuhan yang melibatkan pemimpin Korea Utara ini masih akan terus bergulir. Apalagi, jika mereka yang ditangkap dan disebut sebagai intel Korea Utara itu benar terlibat. Menyisakan tanya, bagaimana warga asal Indonesia dan warga asal Vietnam bisa terlibat dalam aksi pembunuhan tingkat tinggi ini.

Hari ini, Korea Utara akan memperingati Hari Ulang Tahun mendiang Kim Jong Il. Jika masih ada, ia akan berulangtahun yang ke 75. Entah bagaimana Kim Jong-un menghadapi kematian kakaknya. Mungkin berduka, mungkin juga menghadapinya sebagai kado terindah menyambut ultah ayahnya, sebagai caranya membalas malu sang ayah atas kisah tragedi Disneyland yang melibatkan Jong-nam sebagai aktor utama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya