TUTUP
TUTUP
FOKUS

Dimanjakan Google

Fitur Google sangat membuat ketergantungan penggunanya.
Dimanjakan Google
Google. (VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto)

Google Assistant dan Android O

Yang menarik tahun ini, Google mencoba menawarkan kepada penggunanya sebuah asisten virtual, mirip dengan Cortana Microsoft, Apple Siri dan Alexa buatan Amazon. 

Google Assistant bisa digunakan dengan perangkat tambahan, seperti smartphone atau speaker bernama Google Home. Asisten di Google Home ini bahkan bisa disuruh untuk berbelanja, menggantikan posisi Anda ke pasar saat sedang sibuk.

“Untuk membantu Anda mengimbangi jadwal yang sibuk dan berbelanja barang-barang yang Anda butuhkan, kami memperkenalkan berbelanja dengan Google Assistant di Google Home Anda. Layanan tersebut berhubungan dengan unit pengiriman Google Express yang peretailnya di Amerika Serikat mencakup Costco, Whole Foods Market, Walgreens, PetSmart dan Bed Bath & Beyond," ujar manajer produk Google Assistant, David Wang.

Namun belum diketahui kapan Google Home akan hadir di Indonesia.

Sejatinya, Google Assistant hampir mirip dengan Google Voice. Google Assistant merupakan upgrade atau perpanjangan dari fitur Google Now serta perluasan kontrol suara “OK Google”. Kedua layanan itu digabungkan menggunakan pengalaman AI Bot-centric terbaru, yang dirancang memberikan interaksi percakapan dua arah. Tahun ini fitur itu akan tersedia untuk semua perangkat Android dengan OS versi 6.0 dan 7.0 (Marshmallow dan Nougat).

Ini artinya, semua pengguna smartphone dengan basis Android terbaru bisa menggunakan asisten virtual itu. Apalagi OS Android O yang sebentar lagi akan meluncur menggantikan Nougat. 

Di dalam OS tersebut, Google berjanji akan meningkatkan daya tahan baterai dan performa software, kualitas audio yang tinggi, pembaharuan notifikasi, picture-in-picture videos, dan dukungan keyboard yang lebih mumpuni.

Selanjutnya... Bermain dengan Google Search

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP