TUTUP
TUTUP
FOKUS

Tawaran Menarik Wapres AS untuk RI

Kunjungan ini bagian peringatan 40 tahun hubungan ASEAN-AS.
Tawaran Menarik Wapres AS untuk RI
Pertemuan Wapres AS Mike Pence dengan Presiden Jokowi (REUTERS/Darren Whiteside)

Indonesia-AS Bahas Energi dan Freeport

Di sela-sela pertemuan antara Mike Pence dan Presiden Jokowi, sejumlah tawaran kerja sama di sektor energi dan pertambangan juga disebutkan secara makro. Salah satunya adalah sektor ketenagalistrikan dan pembahasan mengenai PT Freeport Indonesia.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, mengatakan Pemerintah Indonesia menawarkan kepada Pence untuk mengoptimalkan US Power Working Group for Indonesia. Kelompok bisnis di sektor ketenagalistrikan ini terbentuk sejak tanggal 25 September 2015. 

Menurut dia, kerja sama melalui kelompok bisnis yang sudah dibentuk ini harus ditingkatkan, terutama karena kelompok ini telah memiliki target peningkatan rasio elektrifikasi hingga 99 persen pada 2019 dan 100 persen pada 2020. US Power Working Group for Indonesia beranggotakan 42 perusahaan dan 11 badan Pemerintah AS. 

Kelompok bisnis ini dibentuk guna mendukung program 35 ribu Megawatt (MW) yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Selain subsektor Ketenagalistrikan, lanjut Jonan, Amerika Serikat juga ingin menjajaki kerja sama di subsektor Energi Baru Terbarukan (EBT). "Pada subsektor EBT juga telah terjalin kerja sama melalui pemanfaatan teknologi yang tepat untuk mengubah sampah menjadi energi listrik. Diharapkan terjalin kerja sama yang lainnya juga di EBT ini," ujar Jonan.

Sedangkan terkait PT Freeport Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan Wapres Pence sangat puas dengan penjelasan yang disampaikan Presiden Jokowi terkait Freeport pada pertemuan bilateral. Pence mengerti apa yang menjadi masalah dan apa yang diinginkan oleh Indonesia. 

Adapun penjelasan yang disampaikan Presiden Jokowi kepada Wapres Pence adalah terkait divestasi 51 persen saham PT Freeport untuk Indonesia dan perubahan kontrak karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

"Pence sangat puas dengan penjelasan Presiden Jokowi. Masa rakyat kita (Indonesia) minta saham lebih banyak enggak boleh," kata Luhut, di Istana Negara, Jakarta, Kamis 20 April 2017.

Selanjutnya... Keuntungan Indonesia

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP