TUTUP
TUTUP
FOKUS

Kapal Induk China Hebohkan Dunia

China berhasil luncurkan kapal induk buatan sendiri. Apa dampaknya?
Kapal Induk China Hebohkan Dunia
Angkatan Laut China di atas kapal penghancur, pengawal kapal induk. (REUTERS/Stringer)

VIVA.co.id – China kini resmi memiliki dua kapal induk. Liaoning yang sudah melaut pada tahun lalu dan Tipe 001A Shandong. Bukan tanpa alasan mengapa Beijing begitu ngotot membentuk kekuatan laut yang mumpuni dan disegani.

Sebab, program kapal induk ini adalah inti dari strategi China untuk memproyeksikan sebagai kekuatan angkatan laut yang mampu mengarungi samudera (blue waters navy).

Kapal induk ini tidak hanya memberikan prestise bagi militer China, tetapi kapal ini juga akan berperan dalam mengamankan jalur perdagangan penting yang merupakan pasokan dari luar negeri China.

Selain itu, "lahirnya" Shandong menjadi kebanggaan tersendiri bagi China, karena merupakan kapal induk pertamanya. Peluncuran ini tepat di tengah meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan Korea Utara.

Kehadiran Shandong juga sebagai jawaban atas ketegangan yang terjadi di Semenanjung Korea, serta hari jadinya People's Liberation Army Navy ke-68 tahun yang dirayakan tiap 23 April.

Selain itu, kapal induk Shandong memiliki tugas untuk menjaga Laut China Selatan dan Timur, serta Taiwan, yang dianggap Beijing sebagai provinsi pembangkang.

Selanjutnya...Rahasia Negara

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP