TUTUP
TUTUP
FOKUS

Film 'Panas' Diprediksi Lesu Tahun Ini

Di industri Hollywood, musim panas jadi waktu yang subur meliris film.
Film 'Panas' Diprediksi Lesu Tahun Ini
Charlie Hunnam di Premier Film King Arthur: Legend of the Sword (REUTERS/Danny Moloshok)

Film Musim Panas Tahun 2017

Menyambut musim panas tahun ini, Hollywood sudah mempersiapkan banyak film yang cukup menarik. Awal Mei kemarin, sekuel Guardians of the Galaxy menghentak industri bioskop dunia. Selain itu, ada juga King Arthur: Legend of the Sword, serta Alien: Covenant.

Guardians of the Galaxy masih memimpin di tangga box office hingga pekan kedua Mei 2017. Film yang disutradarai oleh James Gunn tersebut bertahan dengan pendapatan US$63 juta minggu ini dan total US$246,2 juta di Amerika Serikat, dalam dua pekan pemutarannya.

Sementara itu, King Arthur: Legend of the Sword yang melakukan debutnya pekan kemarin, hanya mampu menerobos posisi tiga teratas. Film garapan Guy Ritchie dan dibintangi Charlie Hunnam, serta David Beckham itu meraup US$14,7 juta saja. Padahal, film ini dibiayai hingga US$175 juta untuk produksinya.

Posisi kedua diduduki Snatched, drama 'nakal' dengan rating dewasa yang dibintangi Amy Schumer dan Goldie Hawn. Film ini mengumpulkan US$17,5 juta. Sementara itu, Fate of the Furious dan The Boss Baby masih cukup kuat dengan bertengger di posisi keempat dan kelima.

"Para pendatang baru benar-benar mengalami waktu yang sulit. Untuk audiens umum, Guardians masih jadi film unggulan," tutur Paul Dergarabedian, analis media senior dilansir USA Today.

Berikut ini, daftar 10 film box office AS pekan ini, dikutip dari Box Office Mojo :

1. Guardians of the Galaxy Vol. 2
2. Snatched
3. King Arthur: Legend of the Sword
4. The Fate of the Furious
5. The Boss Baby
6. Beauty and the Beast
7. How to be a Latin Lover
8. Lowriders
9. The Circle (2017)
10. Baahubali 2: The Conclusion

Guardians of the Galaxy

Musim panas 2017 diprediksi lemah

Guardians of the Galaxy memang membuka musim panas tahun ini, dengan pendapatan yang cukup fantastis. Film-film ke depannya juga dianggap menggiurkan dalam urusan profitnya. Tetapi, sejumlah pengamat memprediksi musim panas tahun ini masih belum cukup kalahkan pendapatan tahun lalu.

Dilansir Screen Rant, dari laporan yang dirilis Los Angeles Times, orang-orang yang berada di industri Hollywood meyakini jika keuntungan box office musim panas tahun ini akan lebih rendah lima hingga 10 persen dari tahun lalu.

Prediksinya, bisa jadi hanya US$4 miliar selama empat bulan ke depan dan jika benar, berarti akan jadi yang terendah sejak 2007.

"Kawan, kali ini bikin stres. Semua yang dirilis hanya sekuel dan franchise, dan sesuatu yang biasa," kata seorang produser yang menolak disebut namanya oleh Screen Rant.

Situasi yang sulit itu, diduga tak lepas dari peran media sosial dan layanan media streaming yang berkembang sekarang. Menurut analisanya, ulasan soal film yang beredar di media sosial bisa sangat memengaruhi kesuksesan film dalam industri saat ini.

Bioskop pun punya saingan baru yang tak bisa dianggap remeh. Streaming dianggap berkompetisi ketat dengan televisi dan bioskop. Sejumlah orang lebih memilih tinggal di rumah dan menikmati tontonan gratis dibanding membayar tiket bioskop untuk tontonan yang sama.

King Arthur: Legend of the Sword dianggap sebagai blockbuster pertama yang gagal di awal musim panas tahun ini. Film ini berbujet fantastis yang mencapai US$175 juta. Namun, ia hanya bisa duduk di posisi ketiga, dengan pendapatan hanya US$14,7 juta, jauh lebih rendah dari prediksi analis sebesar US$25 juta.

Menggandeng sutradara besar seperti Guy Ritchie, rupanya tak cukup untuk King Arthur memporakporandakan daftar box office. Film ini punya banyak nilai negatif di sejumlah situs agregasi ulasan film. Dari LA Times, King Arthur: Legend of the Sword mendapat 27 persen di Rotten Tomatoes, dan B plus di CinemaScore.

Namun, terlepas dari itu semua, Hollywood masih punya banyak amunisi untuk merebut hati para penggemar film dunia. Beberapa yang layak dinantikan di musim panas tahun ini adalah Baywatch, Pirates of Caribbean: Dead Man Tell No Tales, Wonder Woman, hingga Spider-Man: Homecoming. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP