TUTUP
TUTUP
FOKUS

Pasar Mobil SUV Indonesia Makin Sengit

Dua raksasa Jepang, Honda dan Toyota, jor-joran pasarkan SUV terbaru.
Pasar Mobil SUV Indonesia Makin Sengit
C-HR dan Honda HR-V. (Youtube)

Toyota: Belum Terlambat

Toyota C-HR sudah membuat debut globalnya dan siap bertarung di pasar kompak SUV. Mobil ini memang tengah ditunggu publik, karena dianggap menarik. Dalam sebuah kesempatan, Toyota mengakui jika perusahaan asal Jepang itu terlambat dalam ingar bingar kemeriahan pasar kompak SUV di dunia. Sementara sejumlah rivalnya, sudah lebih dulu hadir.

Tetapi ada alasan yang dikemukakan Toyota, mengapa pihaknya seperti telat dalam euforia tersebut. Seperti dilansir Autonews, Toyota sebenarnya sudah mulai menggarap C-HR sejak enam tahun lalu. Awalnya mobil ini
dimaksudkan sebagai jembatan naik kelas dari sejumlah platform kecil milik mereka. Makanya, C-HR dirancang dengan platform mobil kecil. Namun semuanya kembali dirombak setelah di tengah-tengah proyek C-HR kemudian dipercaya menggunakan platform baru Toyota New Global Architecture (TNGA). Hal itu disampaikan Kepala Insinyur C-HR, Hiroyuki Koba.

"Kita telah mempelajari sejumlah platform, tetapi setelah melihat TNGA akhirnya kita mengatakan ini adalah yang terbaik," kata Koba.

Toyota C-HR.

Toyota C-HR. Foto: Motor1.

Meski telat, namun Toyota mengklaim C-HR memiliki kelebihan karena bisa digunakan pada tiga pilihan mesin, yakni 1.2L turbocharged, 1.8L plus motor listrik (hibrida), dan 2.0L. Mesin-mesin tersebut kemudian dikawinkan dengan pilihan transmisi baik manual enam-percepatan maupun CVT matik. 

Dengan platform TNGA, Toyota dapat mengurangi biaya produksi dan kompleksitas. Karena dapat berbagi komponen dengan model Toyota lainnya yang sudah menggunakan platform TNGA, termasuk Prius dan generasi Corolla yang diharapkan meluncur di 2019 mendatang.

Selanjutnya...Honda Mawas Diri

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP