TUTUP
TUTUP
FOKUS

Pasar Mobil SUV Indonesia Makin Sengit

Dua raksasa Jepang, Honda dan Toyota, jor-joran pasarkan SUV terbaru.
Pasar Mobil SUV Indonesia Makin Sengit
C-HR dan Honda HR-V. (Youtube)

Honda Mawas Diri

Kehadiran Toyota C-HR di beberapa negara sudah membuat Honda mulai bersikap. Seakan tak mau duduk berpangku tangan melihat pasarnya direbut, Honda kini mengatur rencana menyegarkan HR-V. Cara ini ditempuh Honda sebagai upaya agar HR-V tetap eksis di tengah bermunculannya produk baru dari kompetitor.

Mobil kompak segmen B itu akan mendapat sejumlah penyegaran di beberapa bagian. Di Australia, HR-V terbaru dijadwalkan bakal meluncur pada awal tahun depan. Konfirmasi seputar debut HR-V gres ini diungkapkan Direktur Honda Australia Stephen Collins, walaupun rincian tentang apa yang sebenarnya diubah masih belum diungkap. Publikasi yang disampaikan Collins hanya menyebut, HR-V anyar akan menerima sistem hiburan baru dengan navigasi satelit, menggantikan sistem berbasis smartphone saat ini - serta konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto.

Interior Honda HR-V.

Interior Honda HR-V. Foto: Paultan

Honda juga memungkinkan menawarkan fitur City-Brake Active System dan Advanced Driver Assist System (ADAS) – yang mencakup Forward Collision Warning, Lane Departure Warning serta High-Beam Support System. Apalagi semua varian dari Toyota C-HR dan Mazda CX-3 yang dijual di Australia kini mengusung fitur serupa.

"HR-V telah sangat konsisten. Rata-rata kita menjual 1.000 unit per bulan, terkadang sedikit lebih, terkadang sedikit kurang. Toyota C-HR baru saja masuk, dan kami masih cukup konsisten pada tingkat itu," kata Collins seperti dilansir Caradvice. "Kami sangat senang, meski banyak pendatang baru masuk. Tentu saja, kami harus tetap memberikan penyegaran dan kami perlu terus mengerjakannya," katanya.

Penyegaran pada HR-V kemungkinan akan mencakup jenis pembaruan visual seperti yang diperkenalkan di City dan Jazz tahun ini, termasuk lampu depan LED penuh, kisi-kisi yang telah direvisi dan bemper depan dan belakangnya. Memungkinkan pula jika ada perubahan kecil di bagian interiornya.

Honda HR-V Hybrid RS.

Honda HR-V RS. Foto: Carscoops.

Di Tanah Air, HR-V memang sukses menjadi tulang punggung Honda Prospect Motor --agen pemegang merek Honda di Indonesia. Pada 2016 saja, HR-V 1.5 liter berhasil terjual 36.281 unit, di mana penjualannya bahkan mengalahkan model low SUV yang sudah lama mencari peruntungan, seperti duet Rush - Terios.

Direktur Marketing dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy mengatakan, tren penjualan HR-V menunjukkan angka positif. HR-V juga mendominasi penjualan Honda, dengan tipe terlaris 1.5 liter. Pada April 2017 saja, HR-V 1.5 liter terjual sebanyak 2.602 unit, menjadi model kedua terlaris Honda setelah Mobilio dengan catatan 3.608 unit.

"Penjualan Honda pada bulan April 2017 ini masih cukup stabil, bahkan cenderung meningkat jika dibandingkan dengan penjualan Honda pada bulan April di tahun 2016. Ini berkat model-model andalan kami seperti HR-V," kata Jonfis. (ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP