TUTUP
TUTUP
FOKUS

Memburu Habib Rizieq

Dua kali, dia tidak memenuhi panggilan polisi.
Memburu Habib Rizieq
Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab (VIVAnews/Adri Irianto)

Kasus Dipolitisasi?

Ketua Badan Hukum Front Pembela Islam, Sugito Atmo Prawiro, mengungkapkan bahwa sebenarnya Rizieq berencana kembali ke tanah air pada Senin, 15 Mei 2017. Namun, Rizieq melihat ada yang aneh dengan proses hukum pada kasus dugaan pesan mesum yang dituduhkan padanya.

Ia melihat sudah ada unsur politik dalam kasus itu. Kondisi itu membuat Rizieq urung kembali ke Indonesia.

"Jadi begini, sebenarnya habib kemarin mau balik (ke Indonesia), tapi ketika hukum sudah menjadi alat kekuatan dan alat politik, habib berpikir, oh ini harus ada strategi baru untuk melawannya. Bahwa sebenarnya habib sudah memahami dan mengerti bahwa ini kekuasaan kalap dan menggunakan instrumen kepolisian untuk menekan. Kalapnya untuk kasus Ahok (Basuki Tjahaja Purnama) kalah (Pilkada DKI Jakarta 2017) dan Ahok dipenjara (kasus penodaan agama), itu saja," ujar Sugito.

Menurut Sugito, hukum haruslah adil untuk semua orang. Terkait apa yang menimpa Ahok, ia menegaskan bahwa hal itu bukanlah akibat dari Rizieq. Ia mempertanyakan mengapa semua kesalahan dilimpahkan pada Rizieq atas apa yang telah menimpa Ahok.

"Ini bukan berarti yang berperan aktif untuk mengalahkan Ahok itu hanya Habib Rizieq, kan banyak pihak. Kenapa semua dilimpahkan ke Habib Rizieq? Ini Habib Rizieq agak kesal," katanya.

Apalagi, Sugito juga mengaku belum menerima surat panggilan kedua dari kepolisian. Dia menganggap tindakan polisi yang berencana menjemput paksa itu terlalu berlebihan. Alasannya, apabila sudah tiba di Indonesia, Rizieq pasti bersedia memenuhi panggilan tanpa perlu dilakukan penjemputan paksa.

Sementara itu, Juru Bicara FPI, Slamet Maarif, menyampaikan bahwa Rizieq akan pulang ke Indonesia sebelum bulan Ramadan. Dia justru bingung dengan sikap Polda Metro Jaya yang ngotot menjemput pimpinannya itu secara paksa karena status yang masih sebatas saksi. Meski demikian, kabar Rizieq terbang ke Arab Saudi segera berhembus.

[Muncul di Polda Metro, Ini Sosok Firza Husein].

Selanjutnya... Bukan Takut

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP