Musik dan Tarian Film Bollywood Sihir Dunia

Film Dangal.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Film Bollywood semakin diminati para penontonnya di belahan dunia. Tak terkecuali, China. Bahkan, mampu bersaing dengan film asal Jepang maupun Amerika Serikat, yang terkenal memiliki aktor dan aktris ternama.

Poonam Pandey, Artis Kontroversial India Meninggal karena Kanker Serviks

Salah satunya, film Bollywood tentang biografi olahraga, Dangal, yang dibintangi Aamir Khan. Film ini telah menjadi film terlaris non-Hollywood di Negara Tirai Bambu, dengan menghasilkan lebih dari US$117 juta di box office China. 

Informasi yang dilansir indianexpress, situs tiket populer China, Maoyan, mengonfirmasi berita tersebut pada Selasa lalu, 23 Mei 2017.

Raih Rp227 Miliar di Box Office, Ternyata Segini Gaji Para Pemain Film Jawan

EntGroup, sebuah kelompok konsultan hiburan terkemuka, juga melaporkan bahwa penjualan tiket Dangal, yang dirilis di negara tersebut pada 5 Mei, mencapai 806 juta yuan. Angka itu pun terus meningkat dari hari ke hari.

Bahkan, analis perdagangan Taran Adarsh menyebutkan angka capaian terakhir film Dangal pada Rabu, yaitu US$120,01 juta. Dia menulis dalam akun Twitternya, "#Dangal terus memikat hati + menang BO (box office) di China. Minggu ke-3. Senin: US$3,40 juta, Selasa: US$3,10 juta. Total: US$120,01 juta."
 
Analis perdagangan Ramesh Bala juga mengungkapkan capaian tersebut ke akun Twitternya. Ia menuliskan, "#Dangal @ #China BO pada Selasa, 23 Mei 2017 mengumpulkan US$3,07 juta (19,91 Crs). Total sekarang mencapai US$120 juta." 

5 Artis India Ini Pilih Jomblo Meski Sudah Tak Muda Lagi, Alasannya Menikah Bikin Tak Bebas

Kondisi ini membuat Dangal menjadi tontonan film non-Hollywood berkinerja tertinggi di China. Film yang didasarkan pada kehidupan pegulat Mahavir Singh Phogat, telah menandingi Your Name, sebuah drama fantasi Jepang, yang menghasilkan 577 juta yuan (US$84 juta) di box office China tahun lalu.

Prasad Shetty, mitra aliansi strategis, sebuah perusahaan China yang mempromosikan film-film India di China, selama beberapa tahun terakhir, mengatakan bahwa Dangal menciptakan sebuah rekor baru dengan menghasilkan US$15 juta pada Sabtu saja. 

Film yang disutradarai oleh Nitesh Tiwari ini masih terus bersaing ketat dengan film Bollywood, Baahubali 2. Diprediksikan, Dangal memerlukan, satu atau dua hari untuk mengungguli capaian film Baahubali 2 di seluruh dunia. 

Selain itu Ramesh Bala juga menulis lagi di Twitternya, "#Dangal @WW BO (sampai 23 Mei 2017): #China - 778 Crs #Taiwan - 26 Crs. RoW - 744 Crs Total - 1.548 Crs." Sementara itu, Baahubali 2 berada di level Rs 1.577 Crore hingga Senin lalu. 

Dangal adalah film ketiga Aamir Khan yang dirilis di China. Ia sudah menjadi bintang populer berkat keberhasilan film-film sebelumnya, 3 Idiots dan PK di sana. Saat ini, Dangal diputar sekitar 7.000 layar di China, dan menjadi sepopuler film Awara yang dibintangi Raj Kapoor pada 1950.

Saat Aamir pergi ke China untuk premier film tersebut, diterima dengan banyak cinta oleh penggemarnya di sana. Superstar tersebut melakukan tur ke Beijing, Shanghai, dan Chengdu. Film ini tidak hanya mendapat tepuk tangan meriah di premiere-nya. Beberapa bintang film top China, juga menulis tentang apresiasi mereka terhadap Dangal di blog mereka.

Kondisi itu, membuat Aamir menjadi populer di blog China, Weibo, di mana dia sekarang memiliki pengikut 6,55 lakh (yang berarti 65,5 juta). Amir membuat akun Weibo tersebut untuk mempromosikan drama gulat di China. 

Nama Amir dalam bahasa China dikenal menjadi Amier Han. Hari ini, dia telah melampaui Perdana Menteri India Narendra Modi dengan pengikut terbesar Weibo.

Berikutnya, persaingan ketat>>>

Persaingan ketat

Film Bollywood Baahubali 2 : The Conclusion, saat ini masih menduduki peringkat pertama dalam box office di China semenjak di rilis April lalu. Namun, film Dangal disinyalir mampu menyelip kedudukan Baahubali 2 di box office China pascadirilis bulan ini. 

Kedua film ini bersaing ketat dengan perolehan angka per Minggu lalu, untuk Baahubali 2 hampir mencapai Rs1.600 crore, sedangkan Dangal Rs1.471 crore. 

Film Baahubali

Menurut informasi yang dilansir indianexpress, kompetisi antarkedua film sangat jelas, karena setiap rilis film baru di China, biasanya hanya jatuh datar di box office.

Sementara itu, film box office lainnya, seperti Sarkar 3 dan Meri Pyaari Bindu tenggelam tanpa jejak akhir pekan lalu. Film baru minggu ini, ada Half Girlfriend dan Hindi Medium. Meskipun Hindi Medium mendapatkan respons yang cukup baik dari mulut ke mulut, tetapi tidak terlihat akan memiliki animo jangka panjang di box office

Analis Perdagangan Taran Adarsh berkomentar di halaman Twitter-nya. Dia menulis beberapa tanggapan tentang perubahan permainan sinema India yang dibawakan Baahubali 2 dan Dangal yang membawa keduanya sukses hingga China. 

"Sukses besar dari Baahubali 2 dan Dangal secara global menegaskan fakta bahwasannya ini tidak terelakkan jika konten keduanya cukup kuat," ujarnya. 

Lalu, ia menuliskan, "Rumah industri perfilman merindukan Dangal dan Baahubali 2, yang telah mencapai apa yang kami pikir itu tidak mungkin dan tidak bisa diraih. Waktu untuk bersukacita." 

"Baahubali dan Dangal adalah kebanggaan dari film india. Waktu untuk membuat sebuah kebiasaan sukses. Berkonsentrasi pada konten. Hasil yang positif akan mengikuti," tambahhnya. 

Maestro musik India, AR Rahman, yang sempat menonton Baahubali 2 beberapa hari yang lalu, berkomentar ke halaman Facebook-nya dan menulis, "Kepada Rajamouli, Keeravani dan seluruh tim BB2 (Baahubali 2). Baru saja selesai menonton di Chennai. Saya berharap ini melintasi Rs2.000 crores dan di atas box office. Kalian telah membuka gerbang kesuksesan untuk bioskop India Selatan mendunia dan memberinya sebuah identitas baru."

Baahubali 2 dibintangi Prabhas, Rana Daggubati, Anushka Shetty, Ramya Krishnan, dan Sathyaraj. Ini adalah film bilingual kedua dalam film waralaba dua bagian. 

Selanjutnya, Bollywood mendunia>>>

Bollywood mendunia 

Selain di China, ternyata film India juga sangat dikenal di Indonesia. Masih ingat dengan film Kuch Kuch Hota Hai yang dibintangi Shak Rukh Khan, Kajol, Rani Mukerji, dan Salman Khan? Film ini pada tahun 90-an juga menggemparkan dunia. 

Kajol dan Shahrukh Khan

Di Indonesia saja, film ini tayang ulang, bahkan stasiun televisi pun sering menayangkan ulang film berdurasi tiga jam ini. Bahkan, film itu juga melambungkan nama para pemainnya. 

Selain itu, industri film Bollywood pun merambah benua Amerika. Film Bollywood terkenal, 3 Idiots. Film yang dimainkan oleh Aamir Khan sebagai Rancho, Madhavan sebagai Farhan, dan Sharman Joshi sebagai Raju. 

Nah, serunya film yang sudah diluncurkan pada 2009 ini, akan dibuat versi Meksiko, dengan nama 3 Idiots. Aktor Meksiko Alfonso Dosal akan berperan sebagai Rancho, Christian Vazquez berperan sebagai Farhan, dan German Valdez berperan sebagai Raju. 

Sementara itu, peran yang dahulu yang dimainkan Kareena Kapoor digantikan oleh Martha Higareda. Film 3 Idiots versi Meksiko ini diproduksi oleh Carlos Bolado. 

Dilansir laman indianexpress, kedua versi tersebut tetap menekankan latar yang sama, yaitu penggambaran tekanan yang dihadapi oleh seorang siswa, prinsipal yang ketat, dan latar belakang keuangan dari tiga ikon orang idiot.

Sementara itu, adegan tiga ikon orang idiot yang menghadiri pernikahan tanpa undangan tetap ada dalam film tersebut. Humor, frustrasi dengan sistem yang kaku, masih sangat mirip dengan 3 Idiots versi India, dan akan mengingatkan kita pada aksi Dr Viru mengintimidasi murid-muridnya. 

Trailer tersebut diharapkan mampu memikat publik untuk menonton ulang film yang sebelumnya dimainkan oleh Aamir Khan, disutradarai Rajkumar Hirani, dan diproduseri Vindhu Vinod Chopra itu. Film 3 Idiots diperkirakan rilis pada Juni mendatang.

Berikutnya, jadi candu>>>

Jadi candu

Nama Bollywood berasal dari gabungan Bombay (nama lama untuk Mumbai) dan Hollywood. Bollywood adalah produsen film terbesar di India, sekaligus salah satu produsen film terbesar di dunia. Film-film Bollywood secara resmi disebut sinema Hindi. 

Pedangdut Iis Dahlia memiliki cerita menarik, setelah sempat ikut memeriahkan momen besar stasiun televisi ANTV. Seperti diketahui pada saat malam Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 ANTV beberapa waktu lalu, Iis sengaja menghibur pemirsa setia ANTV dengan bernyanyi langsung dari, Jaipur, India.

Ibu dua anak itu pun mengaku kerap mengikuti acara dan program ANTV, salah satunya adalah serial Lonceng Cinta. "Aku pencinta musik India, dan sesekali sih nonton Lonceng Cinta dan film india lainnya,” kata Iis saat berbincang dengan VIVA.co.id, Jumat 26 April 2017.

"Serial-serialnya itu bikin candu ceritanya, jadi nonton terus," sambung Iis.

Iis menyebut masyarakat Indonesia sangat menyukai serial dan musik India. "Aku bilang orang Indonesia kalau dikasih lagu dangdut sama film India sudah deh ngejogrog di depan televisi," katanya.

Iis yang mengaku sangat mengidolakan aktor Bollywood, Shahrukh Khan, memuji seluruh film India. "Film India itu romantis, sudah enggak usah diapa-apain, enggak usah dibuat kayak film Hollywood, Bollywood  saja, singing dan dance," katanya. 

Ya, memang film Bollywood begitu disukai. Sejumlah pemain film pun merambah industri film Hollywood. Sebut saja, Aiswarya Rai dan Priyanka Chopra. Dirangkum dari sejumlah sumber, ada alasan yang menyebabkan film ini digemari. 

Film Bollywood disukai semua kalangan, dari anak anak, tua dan muda. Kemudian, film ini mengangkat kehidupan sosial yang terjadi sehari-hari. Kita pasti tahu aktris dan aktor India dikenal cantik dan ganteng, itu juga menjadi salah satunya kenapa film ini digemari. 

Bahkan, banyaknya lagu dan tarian di film Bollywood yang dibawakan pemainnya menjadi daya tarik dan sesuatu yang berbeda dari industri film lainnya. Busana yang dikenakan pun, selalu mengangkat budaya tradisional. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya