TUTUP
TUTUP
FOKUS

Musik dan Tarian Film Bollywood Sihir Dunia

Film Bollywood semakin diminati para penontonnya.
Musik dan Tarian Film Bollywood Sihir Dunia
Film Dangal. (Istimewa)

VIVA.co.id – Film Bollywood semakin diminati para penontonnya di belahan dunia. Tak terkecuali, China. Bahkan, mampu bersaing dengan film asal Jepang maupun Amerika Serikat, yang terkenal memiliki aktor dan aktris ternama.

Salah satunya, film Bollywood tentang biografi olahraga, Dangal, yang dibintangi Aamir Khan. Film ini telah menjadi film terlaris non-Hollywood di Negara Tirai Bambu, dengan menghasilkan lebih dari US$117 juta di box office China. 

Informasi yang dilansir indianexpress, situs tiket populer China, Maoyan, mengonfirmasi berita tersebut pada Selasa lalu, 23 Mei 2017.

EntGroup, sebuah kelompok konsultan hiburan terkemuka, juga melaporkan bahwa penjualan tiket Dangal, yang dirilis di negara tersebut pada 5 Mei, mencapai 806 juta yuan. Angka itu pun terus meningkat dari hari ke hari.

Bahkan, analis perdagangan Taran Adarsh menyebutkan angka capaian terakhir film Dangal pada Rabu, yaitu US$120,01 juta. Dia menulis dalam akun Twitternya, "#Dangal terus memikat hati + menang BO (box office) di China. Minggu ke-3. Senin: US$3,40 juta, Selasa: US$3,10 juta. Total: US$120,01 juta."
 
Analis perdagangan Ramesh Bala juga mengungkapkan capaian tersebut ke akun Twitternya. Ia menuliskan, "#Dangal @ #China BO pada Selasa, 23 Mei 2017 mengumpulkan US$3,07 juta (19,91 Crs). Total sekarang mencapai US$120 juta." 

Kondisi ini membuat Dangal menjadi tontonan film non-Hollywood berkinerja tertinggi di China. Film yang didasarkan pada kehidupan pegulat Mahavir Singh Phogat, telah menandingi Your Name, sebuah drama fantasi Jepang, yang menghasilkan 577 juta yuan (US$84 juta) di box office China tahun lalu.

Prasad Shetty, mitra aliansi strategis, sebuah perusahaan China yang mempromosikan film-film India di China, selama beberapa tahun terakhir, mengatakan bahwa Dangal menciptakan sebuah rekor baru dengan menghasilkan US$15 juta pada Sabtu saja. 

Film yang disutradarai oleh Nitesh Tiwari ini masih terus bersaing ketat dengan film Bollywood, Baahubali 2. Diprediksikan, Dangal memerlukan, satu atau dua hari untuk mengungguli capaian film Baahubali 2 di seluruh dunia. 

Selain itu Ramesh Bala juga menulis lagi di Twitternya, "#Dangal @WW BO (sampai 23 Mei 2017): #China - 778 Crs #Taiwan - 26 Crs. RoW - 744 Crs Total - 1.548 Crs." Sementara itu, Baahubali 2 berada di level Rs 1.577 Crore hingga Senin lalu. 

Dangal adalah film ketiga Aamir Khan yang dirilis di China. Ia sudah menjadi bintang populer berkat keberhasilan film-film sebelumnya, 3 Idiots dan PK di sana. Saat ini, Dangal diputar sekitar 7.000 layar di China, dan menjadi sepopuler film Awara yang dibintangi Raj Kapoor pada 1950.

Saat Aamir pergi ke China untuk premier film tersebut, diterima dengan banyak cinta oleh penggemarnya di sana. Superstar tersebut melakukan tur ke Beijing, Shanghai, dan Chengdu. Film ini tidak hanya mendapat tepuk tangan meriah di premiere-nya. Beberapa bintang film top China, juga menulis tentang apresiasi mereka terhadap Dangal di blog mereka.

Kondisi itu, membuat Aamir menjadi populer di blog China, Weibo, di mana dia sekarang memiliki pengikut 6,55 lakh (yang berarti 65,5 juta). Amir membuat akun Weibo tersebut untuk mempromosikan drama gulat di China. 

Nama Amir dalam bahasa China dikenal menjadi Amier Han. Hari ini, dia telah melampaui Perdana Menteri India Narendra Modi dengan pengikut terbesar Weibo.

Berikutnya, persaingan ketat>>>

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP