TUTUP
TUTUP
FOKUS

Siapkah Anda Bayar Tol Tak Pakai Tunai?

Elektronifikasi seluruh jalan tol akan dilakukan pada Oktober 2017.
Siapkah Anda Bayar Tol Tak Pakai Tunai?
Antrean sejumlah kendaraan pada pintu keluar Gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/6/2016).  (ANTARA/Novrian Arbi)

VIVA.co.id – Penerapan Multi Lane Free Flow, atau MLFF, yaitu proses pembayaran tol tanpa berhenti di gerbang tol, terus dikembangkan pemerintah. Kerja sama dengan Bank Indonesia pun dilakukan untuk memastikan penerapan MLFF bisa secepatnya terealisasi. 

Untuk tahap pertama, baik pemerintah maupun BI berkomitmen bahwa elektronifikasi seluruh jalan tol akan dilakukan pada Oktober mendatang. Artinya, mulai saat itu pembayaran tol tidak lagi menggunakan tunai, tetapi uang elektronik, atau e-Money

Tahap kedua, adalah integrasi sistem ruas jalan tol. Ketiga, tahap integrasi ruas jalan tol, serta pembentukan Konsorsium Electronic Toll Collection (ETC) dan yang keempat adalah penerapan MLFF di seluruh gerbang tol. 

Pengamat Transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno mengungkapkan, pembayaran non tunai untuk transaksi tol memang sudah seharusnya dilakukan. 

Dia pun meyakini infrastruktur pendukung kebijakan tersebut sudah tersedia saat ini. Tinggal ketegasan pemerintah dalam memberlakukan aturan tersebut. 

"Memang harus sedikit dipaksa, demi kebaikan di masa depan," ujarnya kepada VIVA.co.id, Senin 5 Juni 2017. 

Dia mencontohkan, pengalaman perubahan sistem pembayaran Kereta Rel Listrik (KRL), dari yang tunai menjadi non tunai bisa dijadikan contoh. Meskipun sempat merugi, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mampu mampu mengatasi permasalahan yang terjadi. 

"Masa kalah dengan KAI, sekarang saja sudah elektronik semua (pembayarannya). Masa yang punya mobil kalah," tambahnya. 

Berikutnya, kesiapan infrastruktur>>>

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP