TUTUP
TUTUP
FOKUS

Setelah Lulus Kampus Negeri, Lalu Apa?

Banyaknya kampus di Indonesia, diakui di atas jumlah kampus di China.
Setelah Lulus Kampus Negeri, Lalu Apa?
Ilustrasi-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2017 (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Lebih baik

Di Indonesia, secara keseluruhan total ada 4.498 perguruan tinggi. Sebanyak 25.548 program studi pun ditawarkan di ribuan kampus ini.

Banyaknya kampus di Indonesia ini, bahkan diakui di atas jumlah kampus di Tiongkok, yang hanya memiliki 2.825 perguruan tinggi. Sementara itu, negara ini memiliki penduduk jauh lebih besar dari Indonesia.

Hingga 2016, merujuk data Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) menyebut, kini kualitas perguruan tinggi di Indonesia, terbukti terus mengalami peningkatan. Setidaknya, ini ditunjukkan dengan masuknya tiga perguruan tinggi Indonesia dalam 500 kampus terbaik dunia.

Kampus itu, yakni Universitas Indonesia (UI) di urutan 277 dari sebelumnya pada posisi 325. Lalu, Institut Teknologi Bandung (ITB) di peringkat 331 dan Universitas Gadjah Mada (UGM) di peringkat 402 dunia.

Aksi Tolak UU Perguruan Tinggi

FOTO: Aksi sejumlah mahasiswa menolak Undang-undang Perguruan Tinggi beberapa waktu lalu

 

Tak cuma itu, indikasi lainnya adalah tingginya minat orang asing untuk berguru di kampus Indonesia. Data 2016 mencatat, telah ada sedikitnya 6.967 surat izin belajar diterbitkan.

"Ada 150-500 permohonan setiap minggunya," kata Direktur Jenderal Kelembagaan IPTEK-DIKTI Patdono Suwignjo.

Dan, untuk kampus yang saat ini diketahui sebagai penerima mahasiswa asing terbanyak yakni, Universitas Gadjah Mada (negeri) 494 orang, Universitas Indonesia (negeri) 349 orang, Universitas Sumatera Utara (negeri) 335 orang, Intitut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Mandiri (swasta) 295 orang dan Universitas Hasanuddin (negeri) 256 orang.

Karena itu bisa dimaklumi, jika warga asing saja banyak berguru ke kampus Indonesia, tidak ada salahnya bila orang Indonesia juga ikut berburu kampusnya di negeri sendiri.

Selanjutnya, ketimpangan nyata>>>

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP