TUTUP
TUTUP
FOKUS

Molotov di Tengah Gejolak TransJakarta

Rumah Direktur Utama PT TransJakarta jadi sasaran bom molotov.
Molotov di Tengah Gejolak TransJakarta
Armada Bus Transjakarta (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Masalah Administrasi

Direktur Utama PT TransJakarta, Budi Kaliwono, menjelaskan kesulitan untuk mengangkat seluruh karyawan menjadi karyawan tetap. Karena pengangkatan karyawan tetap harus melalui proses. Apalagi, penghasilan karyawan TransJakarta sudah di atas UMR (Upah Minimum Regional) yang ditetapkan pemerintah. 

"TransJakarta sedang memperbaiki administrasi kepegawaian. Banyak karyawan yang bekerja sejak TransJakarta mulai berdiri, sementara TransJakarta berbadan hukum (PT) mulai 2015," katanya.

Dia juga meminta maaf atas aksi mogok anak buahnya selama berjam-jam. Pelayanan terhadap masyarakat sangat terganggu. "PT Transportasi Jakarta meminta maaf kepada pelanggan karena pelayanan sempat terganggu pada Senin pagi menjelang siang. Saat ini gangguan tersebut sudah ditangani," ujar Budi.

Pengamat transportasi dari Universitas Indonesia, Jak Sumabrata, menyayangkan aksi mogok massal yang dilakukan karyawan TransJakarta. Hal ini menurutnya memperparah sistem transportasi massal yang ada di Jakarta. Harusnya, TransJakarta sebagai transportasi idola warga Jakarta lebih memberikan fasilitas yang baik terutama dalam pelayanan dan tidak terbelenggu urusan internal apalagi karyawan.

"Harusnya TransJakarta yang mengatur transportasi Jakarta, ini malah terjebak dengan urusan operator. Kalau kejadiannya sampai kayak aksi mogok kemarin itu berdampak pada warga, kan kasihan mereka diturunkan di tengah jalan. Ini membuat efek trauma menggunakan TransJakarta," kata Jak saat dihubungi VIVA.co.id.

Jak juga mengkritisi agar TransJakarta berubah menjadi lebih baik, terutama menarik warga beralih dari kendaraan pribadi ke umum. "Kalau sudah seperti kejadian kemarin, pasti warga mikir-mikir naik TransJakarta. Mereka lebih memilih naik motor yang lebih cepat. Nah itu tidak memecahkan kemacetan Jakarta. Lebih baik dipikirkan untuk keseluruhan, baik fasilitas, harga dan segala sesuatunya," kata dia. (one)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP